Friday, January 13, 2017

Ombak Terganas di Dunia

1. Cyclops (Australia)



Cyclops terletak di lepas pantai Esperance di Australia Barat (tujuh jam dari Perth), dan hanya bisa di akses menggunakan perahu. Selain surfing di sini harus berjibaku (bertindak nekat) dengan ganasnya ombak, juga harus hati-hati dengan banyaknya terumbu karang di bawah permuakaan airnya. Selain itu juga di perairan ini didiami hiu putih besar, yang berdasarkan kabar tidak sedikit telah merenggut banyak korban. Dengan kata lain, Cyclops merupakan gelombang yang paling mematikan di bumi Australia.


2. Teahupoo (Tahiti)


Teahupoo adalah sebuah desa di pantai selatan-barat pulau Tahiti, Polinesia Prancis , selatan Samudera Pasifik. Pantai ini biasa menjadi tujuan surfer dunia karena ganasnya gelombang ombaknya. Setiap harinya ketinggian gelombang ombak mencapai 2 sampai 3 m (7 sampai 10 kaki), sementara pada waktu tertentu bisa mencapai sampai ketinggian 70 kaki. Setiap tahunnya di pantai ini, selalu di adakan Billabong Pro kompetisi surfing Tahiti, bagian dari World Championship Tour (WCT) Asosiasi Profesional Tour Surfing Dunia berselancar sirkuit.

3.Shipsterns (Tasmania, Australia)


Shipstern dikenal sebagai "titik setan" bagi para surfer, karena di lokasi ini menyuguhkan gelombang ombak yang mengerikan. Orang yang pertama berselancar di sini adalah Andrew Chambel, seorang surfer yang ahli berselancar di gelombang besar. Sejak saat itu lokasi ini mulai di kenal oleh orang-orang.

4. Desert Point (Lombok, Indonesia)


Saat ini Desert Point merupakan salah satu tujuan wisata selancar selain Bali, Mentawai dan G-Land. Tidak heran banyak bermunculan kompetisi yang di ikuti berbagai kalangan usia di lokasi ini, yang banyak orang mengakui keganasan gelombang besarnya. Desert Point di Bangko-Bangko ini memiliki ombak kiri. Dalam berselancar, ada saatnya mengalami ombak "lefthand" yaitu ketika terdorong ombak hanya bisa meluncur ke kiri. Lawan situasi itu disebut "righthand".

1 comments: